Pembelajaran berdiferensiasi
MepÑMODUL 2.1.a.9. Koneksi Antar Materi
PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI
Apa itu Pembelajaran berdiferensiasi?
Pembelajaran berdiferensiasi adalah usaha menyesuaikan proses pembelajaran yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan belajar murid yang mana untuk mencapainya seorang guru harus terlebih dahulu melakukan / membuat / mengidentifikasi pemetaan kebutuhan belajar murid baik itu dari aspek Kesiapan belajar murid, Minat dan Profil belajar murid.
Pembelajaran berdiferensiasi itu sendiri memiliki 3 strategi
1. Diferensiasi Konten (Apa yang akan guru ajarkan kepada murid), diferensiasi konten merujuk pada strategi membedakan pengorganisasian dan format penyampaian konten, konten adalah materi pengetahuan, konsep, dan keterampilan yang perlu dipelajari murid berdasarkan kurikulum.
2. Diferensiasi Proses (Bagaimana murid akan memahami/memaknai informasi atau materi apa yang akan mereka pelajari baik secara individu maupun kelompok), diferensiasi proses merujuk pada strategi membedakan proses proses yang harus dijalani oleh murid yang dapat memungkinkan mereka untuk berlatih dan memahami isi (conten) materi. ada hal - hal yang perlu diperhatikan dalam diferensiasi proses yaitu : a. kegiatan berjenjang b. pertanyaan pemandu/tantangan c. membuat agenda individual murid d. memvariasikan lama waktu e. menggunakan pengelompokan yang fleksibel.
3. Diferensiasi Produk (Tagihan apa yang akan diharapkan dari murid - unjuk kerja/hasil pekerjaan murid - harus sesuatu yang ada wujudnya), diferensiasi produk merujuk pada strategi memodifikasi produk hasil belajar murid, hasil latihan, penerapan, dan pengembangan apa yang telah dipelajari
Selain memiliki 3 strategi, pembelajaran diferensiasi juga memiliki 4 ciri/karakter umum yaitu : 1. Pembelajaran berfocus pada konsep dan prinsip pokok, dalam hal ini semua siswa mengeksplorasi kosep - konsep poko bahan ajar, maka dengan cara seperti ini semua siswa termasuk siswa yang agak lambat bisa memahami dan mengikuti pembelajaran. 2. Evaluasi kesiapan dan perkembangan belajar siswa diakomodasi kedalam kurikulum. 3. Pengelompokan siswa secara fleksibel. 4. siswa menjadi penjelajah aktif ( active explorer).
Bagaimana pembelajaran berdiferensiasi dapat memenuhi kebutuhan belajar murid dan membantu mencapai hasil belajar yang optimal?
Seperti yang sudah dipaparkan diatas pembelajaran berdiferensiasi memang beda dengan pembelajaran lainnya, kenapa demikian? karena pembelajaran berdiferensiasi tidak berarti memberikan tugas yang sama pada seluruh siswa, tidak juga memberikan tugas yang lebih banyak pada anak yang lebih berbakat tetapi dalam pembelajaran berdiferensiasi semua siswa diberikan beragam pilihan tantangan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar mereka, sehingga pencapaian tujuan pembelajaran bisa dicapai oleh semua murid secara merata dan optimal.
Dan Bagaimana pembelajaran berdiferensiasi itu erat kaitannya dengan filosofi Ki Hajar dewantara, Nilai dan peran Guru penggerak, Visi guru Penggerak dan Budaya positif?
Sudah kita ketahui bahwa filosopfi KHD memang berprinsip mengutamakan pendidikan yang berpihak pada anak sesuai kodrat anak dan kodrat zaman, itu sangat erat kaitannya dengan pembelajaran berdiferensiasi yang keduanya sama - sama mementingkan kebutuhan belajar anak dan pembelajaran berdiferensiasi adalah salah satu cara bagaimana kita mengimplementasikan filosofi KHD tersebut. Nah, apa hubungannya dengan Nilai dan peran guru penggerak, visi guru penggerak dan budaya positif?
"Guru penggerak adalah para pemimpin pembelajaran yang mendorong tumbuh kembang murid secara holistik, aktif dan proaktif dalam mengembangkan pendidik lainnya untuk mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat kepada murid, serta menjadi teladan dan agen transformasi ekosistem pendidikan untuk mewujudkan profil pelajar pancasila"
Dari definisi guru penggerak diatas bahwa sudah sangat jelas sekali nilai dan peran juga visinya seorang guru penggerak mengutamakan kebutuhan belajar anak dan itu bisa diwujudkan dengan pembiasaan budaya positif disekolah juga pembelajaran berdiferensiasi. melalui pembelajaran berdiferensiasi diyakini, adalah salah satu cara atau jembatan bagaimana tumbuh kembang murid secara holistik, aktif dan proaktif bisa terwujud secara optimal.
Demikian paparan koneksi antar materi tentang memenuhi kebutuhan belajar murid melalui pembelajaran berdiferensiasi, semoga bisa bermanfaat untuk para pembaca.
Mohon maaf apabila ada kekurangan atau salah kata. terimakasih.
#SalamGuruPenggerak
#CGPgarut

Komentar
Posting Komentar